Abstrak

Norindang dkk. 2005. Pembelajaran Dengan Pendekatan Penemuan Pada Materi Segitiga Di Kelas 1 SLTPN 5 Palangka Raya. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA, Universitas Palangka Raya.


            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam melakukan penemuan pada materi segitiga dengan LKS dalam pembelajaran dengan pendekatan penemuan, mengetahui ketuntasan belajar siswa, mengetahui aktivitas an respon siswa terhadap pembelajaran.
            Penelitian ini dilaksanakan di SLTPN 5 Palangka Raya pada bulan Maret – Mei 2005. Subjek penelitian adalah siswa kelas Ic yang berjumlah 30 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa LKS, soal ulangan harian, lembar pengamatan aktivitas dan angket. LKS berupa pertanyaan yang bersifat open-ended yang dikerjakan siswa secara mandiri dan kelompok. Soal ulangan harian berbentuk uraian yang berjumlah 10 soal. Pengamatan terhadap aktivitas dilakukan setiap 3 menit oleh 4 orang pengamat yang bertugas untuk menilai proses pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan penemuan, yang terdiri dari aktivitas siswa, aktivitas guru dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran.
            Penelitian ini dilakukan selama tiga siklus dengan 4 kali pertemuan. Siklus pertama membahas sub pokok bahasan jumlah besar sudut segitiga dan sifat-sifat segitiga dengan jumlah pertemuan sebanyak 2 kali, siklus II membahas sub pokok bahasan luas segitiga dengan 1 kali pertemuan dan siklus III membahas sub pokok bahasan keliling segitiga dengan 1 kali pertemuan.
            Dari hasil penelitian diperoleh beberapa temuan antara lain kemampuan siswa dalam melakukan penemuan adalah tinggi, ketuntasan siswa pada materi segitiga melalui pembelajaran dengan pendekatan penemuan yang meliputi ketuntasan proses penemuan dan ketuntasan hasil belajar tercapai sesuai dengan kriteria ketuntasan, aktivitas siswa dan guru selama pembelajaran adalah efektif sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran adalah baik dan siswa menunjukkan respon yang positif terhadap pembelajaran dengan pendekatan penemuan. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan penemuan pada materi segitiga adalah efektif dan berpengaruh positif terhadap proses dan hasil belajar siswa.